Thursday, November 23, 2017

Company Profile

I. LATAR BELAKANG

Luasnya hamparan areal sawah dan hutan di Tabanan, berpengaruh terhadap ketersediaan pakan burung walet. Sumber pakan yang masih melimpah, membuat usaha budidaya burung walet begitu bergairah di daerah ini. Sumber pakan burung walet masih cukup tersedia. Makanan yang cukup membuat walet masih betah tinggal di rumah walet. Peternakan ayam dan babi juga ikut mendukung usaha budi daya burung yang satu ini. Kedua jenis peternakan ini mengundang banyak serangga kecil yang beterbangan. Serangga-serangga beterbangan ini merupakan pakan burung walet. Tabanan sebagai daerah agraris, berpotensi untuk pengembangan usaha budi daya walet. Letak geografi yang berdekatan dengan laut dan pesisir pantai menjadikan sarang burung walet tipe rumahan kami sangat cocok untuk dibudidayakan sarang burung walet.

PT. Grand Nest Production berdiri sejak 2005 dan telah mengekspor sarang burung walet ke berbagai negara seperti China, Taiwan, Hongkong, Korea, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Eropa dan Amerika. Sarang burung walet kami di proses secara higenis oleh pengawasan dan kontrol kualitas yang ketat untuk menjaga mutu dan hasil produk akhir memenuhi standar ekspor. Mulai tahun 2012 selain dari budidaya dan pengelolaan sendiri PT. Grand Nest Production juga mulai merambah sebagai tengkulak/pengepul dari para petani sarang burung walet, dimana kami memiliki acuan standart kualitas pada sarang burung waletnya sendiri. PT. Grand Nest Production menjamin produk kami all natural, tanpa menggunakan bahan kimia apapun, sehingga aman untuk di konsumsi sehari-hari baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

II. KELEBIHAN PRODUK SARANG BURUNG WALET PT. GRAND NEST PRODUCTION

Kualitas sarang burung walet dari daerah Bali sangat bagus hingga penjualannya pun bisa menembus pasar internasional dengan harga yang sangat baik. Sarang burung walet PT. Grand Nest Production karena sumber sarang burung kami adalah sarang burung walet rumahan, maka produk awal kami lebih mudah dibersihkan dari kotoran dan bulu burung walet. Karena sarang burung rumahan lebih mudah di bersihkan maka, bentuk mangkuk akhir nya pun lebih bagus tanpa perlu di cetak ulang. Dan karena makanan burung walet di daerah Bali lebih natural (dekat dengan pantai) maka asupan burung walet tersebut pun lebih natural, sehingga air liur yang dihasilkan lebih bersih dan sehat.

Sebagai tengkulak/pengepul juga kami memiliki standar kualitas, dimana beberapa kriteria yang umum dalam menilai tingkat kualitas sarang walet dimulai dari pengecekan kadar air yang terkandung dari sarang burung walet atau sarang burung sriti itu sendiri, hingga :

  1. Tingkat kebersihan dari sarang walet atau sriti.
  2. Tingkat ketebalan dari sarang walet atau sriti.
  3. Tingkat ketinggian dari sarang walet atau sriti.
  4. Tingkat kekokohan konstruksi dari sarang walet atau sriti.
  5. Tingkat kemulusan/ kehalusan hasil dari sarang walet atau sriti.
  6. Dari segi bentuk sarang walet atau sriti ( Mangkok, Sudut, Patahan, Hancuran) .
  7. Dari segi jenis hasil sarang walet atau sriti yang berbeda, ada yang berwarna Putih, Kuning, hitam dan ada yang berserat merah seperti darah.
  8. Dari standart Harga sarang walet/ sriti asli atau masih kotor (banyak bulunya) yang belum diproses. hingga yang telah diproses atau telah dicuci.
  9. Dari segi keaslian produk sarang walet atau sriti itu sendiri.

 

III. MANFAAT SARANG BURUNG WALET

Sarang burung walet sudah berabad-abad digunakan dalam Ilmu Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine) sebagai makanan tambahan yang menyehatkan. Menurut konsep TCM, sarang burung walet digolongkan sebagai makanan ‘dingin’. Jika dikonsumsi dengan bahan makanan lain melalui proses pengolahan tertentu (misalnya ginseng yang bersifat ‘panas’) maka dapat menghasilkan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan dapat bersifat menyembuhkan.

Penelitian tentang sarang burung walet menemukan beberapa kandungan didalamnya, yaitu: mengandung 50-60% protein, 25% karbohidrat dan 10% air. Kandungan kimia sarang walet dari penelitian di Semarang menunjukkan kandungan kimia organik yang tertinggi terdapat pada protein 50,757 % dan karbohidrat 18,307%.

Sarang walet putih mengandung N-acetylneuraminic acid. Komposisi kimia perbandingan sarang walet putih dan merah untuk lemak (0,14% – 1,28%), abu (2, 1% – 2,1%), karbohidrat (25,62%–27,26%) dan protein (62–63%), serta ditemukan bahwa sarang merah mengandung ovotransferrin protein.

Ovotransferrin adalah glikoprotein dari albumin (putih telur). Transferrins adalah protein pengikat besi. Perbedaan asam amino sarang putih dengan sarang merah menunjukkan sarang merah mempunyai beberapa asam amino yang lebih tinggi dari sarang putih, seperti serine, valine, aspatic, thereorine, isoleusine, leusine.

Pada tahun ’87 telah di ketahui bahwa sarang burung walet mengandung “cell division inducing hormone” dan “epidermal growth factor (EGF)” yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan deferensiasi sel, meliputi jaringan pertumbuhan, regenerasi sel, dan kekebalan tubuh.

Kandungan lain sarang putih adalah natrium (Na) 650 ppm, kalium (K) 110 ppm, fospor (P) 40 ppm, magnesium (Mg) 330 ppm dan besi (Fe) 30 ppm. sedangkan sarang burung walet basah menunjukkan asam amino sebanyak 17 macam dan tertinggi terdapat pada Leusin (5,9%) Aspartat (5,5 %), Glutamat (5,5%) dan Tirosin (5,2).

 

IV. PEMANENAN

Sarang burung walet dapat diambil atau dipanen apabila keadaannya sudah memungkinkan untuk dipetik. Untuk melakukan pemetikan perlu cara dan ketentuan tertentu agar hasil yang diperoleh bisa memenuhi mutu sarang walet yang baik. Jika terjadi kesalahan dalam menanen akan berakibat fatal bagi gedung dan burung walet itu sendiri.

Ada kemungkinan burung walet merasa tergangggu dan pindah tempat. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, para pemilik gedung perlu mengetahui teknik atau pola dan waktu pemanenan. Pola panen sarang burung dapat dilakukan oleh pengelola gedung walet dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Panen rampasan
    Cara ini dilaksanakan setelah sarang siap dipakai untuk bertelur, tetapi pasangan walet itu belum sempat bertelur. Cara ini mempunyai keuntungan yaitu jarak waktu panen cepat, kualitas sarang burung bagus dan total produksi sarang burung pertahun lebih banyak. Kelemahan cara ini tidak baik dalam pelestaraian burung walet karena tidak ada peremajaan. Kondisinya lemah karena dipicu untuk terus menerus membuat sarang sehingga tidak ada waktu istirahat. Kualitas sarangnya pun merosot menjadi kecil dan tipis karena produksi air liur tidak mampu mengimbangi pemacuan waktu untuk membuat sarang dan bertelur.
  2. Panen Buang Telur
    Cara ini dilaksanankan setelah burung membuat sarang dan bertelur dua butir. Telur diambil dan dibuang kemudian sarangnya diambil. Pola ini mempunyai keuntungan yaitu dalam setahun dapat dilakukan panen hingga 4 kali dan mutu sarang yang dihasilkan pun baik karena sempurna dan tebal. Adapun kelemahannya yakni, tidak ada kesempatan bagi walet untuk menetaskan telurnya.
  3. Panen Penetasan
    Pada pola ini sarang dapat dipanen ketika anak-anak walet menetas dan sudah bisa terbang. Kelemahan pola ini, mutu sarang rendah karena sudah mulai rusak dan dicemari oleh kotorannya. Sedangkan keuntungannya adalah burung walet dapat berkembang biak dengan tenang dan aman sehingga polulasi burung dapat meningkat. Adapun waktu panen adalah:
    • a. Panen 4 kali setahun
      Panen ini dilakukan apabila walet sudah kerasan dengan rumah yang dihuni dan telah padat populasinya. Cara yang dipakai yaitu panen pertama dilakukan dengan pola panen rampasan. Sedangkan untuk panen selanjutnya dengan pola buang telur.
    • b. Panen 3 kali setahun
      Frekuensi panen ini sangat baik untuk gedung walet yang sudah berjalan dan masih memerlukan penambahan populasi. Cara yang dipakai yaitu, panen tetasan untuk panen pertama dan selanjutnya dengan pola rampasan dan buang telur. c.
    • c. Panen 2 kali setahun
      Cara panen ini dilakukan pada awal pengelolaan, karena tujuannya untuk memperbanyak populasi burung wallet.
Indonesian Albanian Arabic English German Italian Japanese Russian

GLOBAL TRAFFIC

LIVE TRAFFIC